Jumat, November 21, 2014

Praktis & Sistematis Belajar Membaca EKG

Cara Belajar Membaca Ekg Secara Mudah, Praktis dan Sistematis Akhirnya Ditemukan Juga….

Caranya??? Call OPN (One Pro Nursing)!!! Mari kita adakan Pelatihan Interpretasi EKG di kampus atau rumah sakit anda  bersama saya Abu Nazmah atau silahkan bisa anda  miliki buku-buku EKG yang saya tulis yaitu

1. Cara Praktis & Sistematis Belajar Membaca EKG,

2. Panduan Belajar Membaca EKG Secara Mudah,

3. Sistematika Membaca EKG ,

kemudian terus berinteraksi dengan saya via FB atau email, jika anda masih kesulitan mempelajari EKG.

Sekali lagi saya katakan….!!! Tidaklah sulit mempelajari ekg & sangatlah mudah belajar  membaca ekg. Mengapa masih sering muncul stigma bahwa membaca ekg itu SULIT ??? Tolong jangan salahkan pengajarnya, dan tolong jangan katakan adanya rahasia dalam mempelajari ekg. Ingat….setiap ada kesulitan, tentunya pasti ada kemudahan…Kecuali jika anda lebih suka bermalas-malasan.

Apa benar hanya seorang Cardiologist yang harus expert dalam membaca ekg?

Betul sekali !!! Tapi coba anda renungkan & tanyakan pada diri anda sendiri…….

Bagi Perawat & Bidan ….Apakah anda tidak merasa malu atau sebaliknya anda sudah merasa bangga dengan hanya bisa melakukan perekaman ekg dan kemudian memberikannya ke dokter??  Apakah anda tidak merasa malu atau sebaliknya anda sudah merasa bangga dengan hanya bisa menjalankan instruksi dokter atau akrab dengan dokter?? Ingat…!! Dokter juga manusia biasa yang tak terlepas dari kesalahan dalam memberikan instruksi, coba anda bayangkan jika anda menemukan gambaran ekg yang membahayakan jiwa pasien yang tentunya memerlukan penanganan yang cepat dan tepat, sementara instruksi yang diberikan dokter sebenarnya tidaklah tepat. Apakah anda pantas disebut sebagai tenaga kesehatan professional jika tidak bisa melakukan klarifikasi terhadap instruksi dokter dan tidak bertindak tepat hanya karena anda tidak bisa membaca ekg. Jadi luangkan waktu untuk belajar membaca ekg.

Bagi Dokter…..Apakah anda tidak merasa malu atau sebaliknya anda merasa bangga dengan hanya bisa melaporkan hasil rekaman ekg ke dokter lainnya atau dokter yang anda anggap senior yang mampu membaca ekg dengan baik atau Cardiologist??  Saya hanya mengingatkan bagi anda yang merasa berprofesi  dokter  bahwa keputusan pertama ada ditangan anda dok!! Bagaimana jika anda menghadapi pasien dengan Acut Myocardiac Infarction…..berapa detik, berapa menit, atau berapa jam  waktu yang terbuang untuk menunggu rekan anda yang mampu membaca ekg atau dokter lain yang anda anggap senior atau Cardiologist. Jadi, semua calon dokter atau dokter seharusnya bisa membaca ekg dengan baik.

Bagi Non-Medical Profession…. anda, keluarga anda, saudara anda, teman anda atau orang-orang yang deket dengan anda….Apakah anda sudah merasa puas dengan hanya mendengar penjelasan dari dokter, sementara anda tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi dengan kesehatan anda atau orang-orang yang dekat dengan anda. Ingat…sekarang ini bukan zamannya lagi asal menerima tanpa alasan yang jelas. Untuk itu, bagi non-medical profession harus lebih kritis dalam mengkritisi pelayanan kesehatan sehingga hak anda selaku penderita untuk mendapatkan pelayanan kesehatan terpenuhi sebagai mana mestinya. Jadi tidak salah jika anda bisa membaca ekg.

Untuk itu saya Abu Nazmah ingin memberikan jalan yang termudah dan tercepat dalam mempelajari ekg dengan menulis 3 buku EKG yaitu:

1. Cara Praktis & Sistematis Belajar Membaca EKG

2. Panduan Belajar Membaca EKG Secara Mudah

3. Sistematika Membaca EKG

In Shaa Allah Saya buku-buku  ini bisa dipelajari dengan mudah oleh medical profession maupun non-medical profession.

Bagaimana cara mendapatkan buku EKG saya??? Silahkan bisa anda dapatkan di Toko buku Gramedia. Atau bisa hubungi Contact Person di bawah bagi yang pesen via online :

Nama         : Ns.Syahrul Maulana Skep

No.HP       : 087728706540 - 081321331122

Pin BBM   : 7DF1515C

Sekali lagi saya tekankan bahwa belajar membaca EKG sangat-sangatlah mudah, untuk itu demi meningkatkan derajat kesehatan di perlukan tenaga-tenaga kesehatan yang handal. Salah satunya adalah memiliki kompetensi dalam Interpretasi EKG, jangan mau lagi setelah lulus pendidikan keperawatan tidak mempunyai rasa percaya diri, disorentasi kerja/bingung planga plongo tidak mengerti apa-apa akhirnya munculah istilah pembantu dokter atau pelengkap dokter.

Cukup sudah saya rasa profesi perawat di pandang sebelah mata, mari kita bangkit, buktikan kalau anda tenaga profesional. Jangan mau menjadi spesialis perekam EKG seumur profesi anda, tidak ada yang bisa merubah dan mau kapan lagi kita bisa berubah jika tidak dimulai dari anda sekarang juga.

Saya Abu Nazmah menghimbau :

- Bagi Seluruh Institusi Pendidikan Keperawatan, jangan anda semangat menjaring calon mahasiswa tanpa ada keseriusaan membekali mahasiswa/wi dengan kompetensi yang bener-bener reliable.

- Bagi Diklat Keperawatan di rumah sakit manapun, agar jangan membiarkan stafnya yang tidak bisa membaca EKG, berikan support  dan motivasi agar terus belajar dan terus belajar, khususnya Interpretasi EKG. Untuk itu kirimkan stafnya jika ada event Pelatihan Interpretasi EKG yang di adakan OPN.

- Bagi yang merasa berprofesi Perawat, saya mengingatkan bahwa kompetensi  Interpretasi EKG adalah salah satu instrumen atau alat atau senjata yang harus dimiliki oleh setiap tenaga kesehataan khususnya dokter dan perawat. Dan EKG bukan hanya domainnya dokter atau perawat yang bekerja di unit IGD, ICU, CCU tapi semua tenaga kesehatan di manapun tugasnya. Semakin banyak alat/instrumen/senjata yang dimiliki oleh tenaga kesehatan, maka rasa percaya diri dalam menjalankan tugas kita akan terbentuk sehingga pelayanan kesehatan khususnya berkaitan dengan kesehatan jantung akan lebih optimal.

Untuk itu, saya Abu Nazmah bersama OPN (One Pro Nursing) bersemangat untuk terus berbagi EKG dengan  membuka kerja sama dengan Institusi Pendidikan Keperawatan, Rumah Sakit, Organisasi Kesehatan, EO dimanapun tempatnya dari Sabang sampai Marauke untuk menyelenggarakan Inhouse Training Pelatihan Interpretasi EKG.

Di bawah ini Materi Pelatihan Interpretasi EKG bersama Abu Nazmah :

1. Basic Anfis Jantung

2. Fundamental Elektrofisiologi Jantung

3. Fundamental EKG

4. Normal EKG

5. Aritmia/disritmia

6. Ekstrasistole

7. Blok

8. SVT

9. Pembesaran Otot Jantung

10. PJK

11. Preeksitasi

12. EKG Miscellenius

13. Sistematika Membaca EKG

Untuk kelas dengan peserta perawat yang sudah bekerja, lama pelatihan 2 hari.

Untuk kelas dengan peserta perawat yang sudah bekerja + mahasiswa, lama pelatihan 2 hari.

Untuk kelas dengan peserta mahasiswa, lama pelatihan 2-3 hari.

 


Silahkan bagi yang berminat bekerja sama dengan OPN untuk menghubung contact person  di bawah ini:

Nama      : Ns. Syahrul Maulana Skep (Direktur OPN)

No.HP    : 087728706540 - 081321331122

Pin BB          : 7DF1515C


 

 

 


 

Salam

Abu Nazmah


 

PASANG IKLAN

Free Website Hosting